Fotografer Cilik dari Bumi Cendrawasih

Fotografer Cilik dari Bumi Cendrawasih

Fotografer Cilik dari Bumi Cendrawasih

Kemendikbud — Menggunakan seragam sekolah, Narpati Martui menerima penghargaan dari Menteri Pendidikan

dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy sebagai pemenang III lomba foto Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kategori pelajar di Lippo Puri Mall, Jakarta, Jumat (19/5).

Siswa kelas VII SMP YPPK Bonaventura Sentani ini mengaku sempat tidak percaya saat dihubungi panitia bahwa karyanya yang berjudul “Istirahat Jam Pelajaran” terpilih menjadi salah satu pemenang lomba. Namun ketidakpercayaan ini sirna saat ia melihat namanya terpampang di pengumuman yang diunggah di laman kemdikbud.go.id. Ucapan selamat pun bertubi-tubi ia terima dari teman-teman serta guru di sekolahnya.

Narpati mengaku mulai menyukai fotografi sejak kelas V SD. Ayahnya yang seorang Pendeta

namun memiliki hobi fotografi adalah orang yang mengenalkan Martui pada dunia fotografi ini.

Anak tunggal yang bulan Juli nanti genap berusia 13 tahun ini mengatakan bahwa fotonya yang menjadi pemenang III berlokasi di SD Inpres Unurum Guay, yang dipotret menggunakan kamera DSLR miliknya.

Kepala SMP YPPK Bonaventura Sentani, Yohanes Baptista Sua Dula, yang turut mendampingi Martui,

mengatakan bahwa Martui termasuk anak yang terbilang pendiam namun tekun. Saat mengetahui informasi mengenai lomba foto yang diadakan Kemendikbud, dirinya langsung menginformasikan kepada Martui yang memang diketahui memiliki hobi dan bakat dalam hal fotografi.

Yohanes sangat mengapresiasi lomba ini dan berharap tahun depan diadakan lagi. Apalagi salah satu tema tahun ini yaitu Mewujudkan Akses Pendidikan yang Meluas, Merata, dan Berkeadilan, menurutnya sangat baik karena pendidikan memang harus merata sampai ke pelosok seperti pelosok Papua.

Terpilihnya anak didiknya menjadi salah satu pemenang lomba yang diadakan Kemendikbud sangat penting baginya, karena secara psikologis akan menjadi motivasi bagi siswa didik lainnya. Bukan semata karena hadiahnya, namun dengan diundang untuk datang ke Jakarta dan menerima penghargaan langsung dari Mendikbud, merupakan kebanggaan tersendiri. “Bukan hanya siswa, termasuk gurunya juga” ujarnya.

Disinggung akan digunakan untuk apa hadiah yang diterimanya, Martui menjawab pasti, “mau ditabung” tutupnya diiringi senyuman.

 

Sumber :

https://sel.co.id/