PERMASALAHAN GENG MOTOR

PERMASALAHAN GENG MOTOR

PERMASALAHAN GENG MOTOR

 

Akhir – akhir ini muncul berita yang sangat menghebohkan

sekaligus meresahkan untuk kita warga yang khususnya tinggal di daerah Ibukota tepatnya di wilayah Jakarta utara, Berita itu dating dari sekumpulan geng motor yang menebar keonaran berupa tindak kriminal di jalanan dan ditempat – tempat umum, Mereka melakukan tindakan kekerasaan terhadap orang yang tidak bersalah semisal memukul, mengeroyok dan menghajar korban sampai  terjadi luka luka penganiayaan sampai tindakan penusukan dan pembacokkan, Padahal pihak korban tidak tahu menahu apa sebabnya mereka berbuat kekerasan seperti itu, dampaknya banyak masyarakat  resah dan takut untuk keluar rumah pada malam hari terutama kaum wanita.

Apa sebab timbulnya permasalahan itu, apa benar itu ulah para geng motor yang sering bertindak brutal, dan apa yang harus kita lakukan untuk meminimalisir tindak kekerasan di lingkungan sekitar kita?,

 

Para oknum yang tidak bertanggung jawab

tersebut melakukan aksinya pada malam hari pada saat jalanan sepi dan mendatang tempat market mini dan melakukan tindak kekerasan pada salah seorang kasir dan penjaga mini market tersebut dan setelah itu mereka secara berkelompok dengan menggunakan sepeda motor mendatangi tempat rumah makan dan melakukan perusakan di rumah makan tersebut, tidak hanya itu mereka juga membacok seorang pejalan kaki di pasar sampai  korban terkena luka yang serius di anggota badannya dan sempat dilarikan ke rumah sakit.

Mengapa mereka sampai tega melakukan tindakkan itu dan motif mereka melakukan hal itu belum diketahui sampai sekarang, dan akhirnya pihak kepolisian bertindak untuk menangkap pelaku kekerasaan samapi sekarang masih dalam proses pengejaran,

 

Menurut pendapat saya ada yang janggal dibalik

semua ini mereka mungkin melakukan tindakan tersebut tidak mungkin tidak ada sebab, sampai saat ini banyak pihak yang berpendapat mereka melakukan tindakan tersebut didasarkan adanya sikap kurang puas terhadap pihak penegak hukum atau mungkin memang sekelompok geng tersebut memang mempunyai motif membuat keonaran dan suka melakukan tindakan kekerasaan, Mungkin ada 2 motif dibalik semua ini.

Dan apakah mereka memang sekelompok geng motor yang brutal, sampai saat ini belum bisa diketahui apakah benar mereka geng motor ataukah orang yang brtindak kejahatan dengan menggunakan motor sampai saat ini masih ditelusuri oleh pihak kepolisian.

Mungkin kita bisa meminimalisir tindak kejahatan atau menghindarinya yaitu dengan banyak cara antara lain :

  1.    > Mungkin kita sebagai masyarakat biasa tidak boleh berburuk sangka dahulu dengan geng motor lainnya, karena banyak pula geng motor yang mempunyai kegiatan positif, seperti kegiatan sosial, dan jangan menilai semua geng motor negative hal itu akan membuat geng motor yang lain malah justru kurang respect dengan hal ini, apabila sebagai masyarakat luas kita bisa meminta bantuan geng motor yang positif untuk saling menjaga agar tidak ada hal yang kita tidak inginkan terjadi kepada kita, dan dari pihak kepolisian disini juga mempunyai andil besar untuk menertibkan dan memberi arahan kepada kumpulan kelompok motor dan sering melakukan operasi rutin dijalanan agar meminimalisir dampak tindakan kejahatan terutama untuk balap liar dan pihak berwenang harus member arahan bagi pengguna sepeda motor khususnya para remaja untuk selalu membawa perlengkapan berkendaraan agar aman, dan harus mempunyai surat izin mengemudi yang paling utama.
  2.     >Dalam pihak keluarga harus bersikap waspada terhadap kerabat saudara, apabila berpegian pada malam hari usahakan jangan pergi sendirian ada baiknya meminta sanak keluarga untuk menemani apalagi kaum wanita yang sering menjadi objek sasaran kekerasan dan kejahatan , hal ini adalah cara pencegahan atau upaya preventif yang kita coba lakukan untuk meminimalisir kejahatan.
  3.     >Selalu mencoba memberi kabar sanak saudara apabila kia ingin berpergian , apalagi bepergian keluar rumah dengan jarak jauh dan dengan waktu yang sedikit lama, alangkah lebih baiknya kita selalu member informasi kepada keluarga tetntang posisi kita berada agar apabila terjadi suatu hal yang tidak di duga kita bisa member kabar kepada keluarga yang secara cepat misal lewat pesan singkat dari telepon selular atau dari sambungan telepon.
  4.     >Hindari tempat – tempat yang kita jarang lewat atau tempat yang kita belum tahu situasi kondisi setiap hari, ada baiknya apabila kita bepergian lewatlah jalur – jalur yang biasa kita lewat dan lebih ramai orang lalu lalang atau lebih ramai situasi lalu lintasnya.
  5.     >Apabila ada hal yang mencurigakan yang kita lihat di sekitar kita, cepatlah memberi informasi kepada pihak yang berwenang, atau laporlah ke kantor polisi terdekat agar kita lebih aman dalam melakukan aktivitas sehari harinya.

Sumber : https://pengajar.co.id/