Rakerda Gerakan Pramuka Maluku Digelar

Rakerda Gerakan Pramuka Maluku Digelar

Rakerda Gerakan Pramuka Maluku Digelar .

Gerakan Pramuka sangat berperan penting dalam mendidik karakter kaum muda dimana usaha ini

harus dilaksanakan sungguh-sungguh secara sistimatis dan berkelanjutan, untuk membangun kesadaran dan keyakinan kepada semua pihak bahwa tidak akan ada masa depan yang lebih baik tanpa membangun dan menguatkan karakter bangsa.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka yang adalah Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan ketua harian gerakan pramuka kwarda Maluku Drs. J. Patty ketika membuka Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Maluku Selasa (5/8) lebih jauh mengungkapkan, masa depan bangsa dan negara harus diperjuangkan dengan rasa penuh tanggung jawab, itu tidak akan terwujud tanpa kejujuran, tanpa meningkatkan disiplin diri, tanpa kegigihan, tanpa semangat belajar yang tinggi, tanpa mengembangkan rasa tanggung jawab, tanpa memupuk persatuan, ditengah kebinekaan, tanpa semangat kontribusi bagi kemajuan bersama, serta tanpa rasa percaya diri dan optimisme.

Dikemukakan, pendidikan kepramukaan yang berlangsung di sekolah diselenggaraka

n berdasarkan keputusan bersama antara Kemendikbud, dengan Kwartir Nasional gerakan pramuka, dimana pendidikan formal saja tidaklah cukup diperlukan pelaksanaan pendidikan non formal dan pendidikan informal.

Rakerda Gerakan Pramuka Maluku tahun 2014 dilaksanakan dengan tema, Mantapkan Implementasi Ekstra Kurikuler Wajib Pendidikan, Kepramukaan, Guna Membangun Karakter Kaum Muda di-Maluku.

Dengan begitu merupakan wujud dukungan jajaran gerakan pramuka di Maluku

terhadap pelaksanaan kurikulum 2013, dimana pendidikan kepramukaan masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah mulai tahun ajaran 2013/2014.

Sementara itu Ketua panitia NY. JR. Tomasoa, SE melaporkan, Rakerda gerakan pramuka ini mengacu pada Rakernas 2014, yang mana mengkondisiskan kesiapan jajaran gerakan pramuka di-Maluku memantapkan implementasi kepramukaan sebagai ektrakurikuler, wajib disekolah, sesuai amanat kurikulum pendidikan nasional.

Secara umum Rakerda ini bertujuan mengkonsolidasikan organisasi dalam upaya memantapkan kinerja jajaran gerakan pramuka di Maluku dalam kaitannya dengan tindak lanjut kebijakan nasional dibidang pendidikan kepramukaan.

Peserta yang ikut rakerda ini yakni, andalan daerah, staf kwartir daerah, pimpinan saka tingkat daerah, dewan kerja daerah, pusdiklatda, puslitbangda, ketrua kwarcab,waka kwarcab, sekretaris kwarcab, ketua dan anggota DKC.

Pembiayaan Rakerda ditanggung gotong royong, dimana kwarda Maluku menanggung pembiayaan pelaksanaan kegiatan dan kwarcab se-Maluku menanggung biaya pergi pulang (PP) dan akomodasi peserta selama mengikuti Rakerda.(TM04)

 

Baca Juga :